Trading Bitcoin, Halal atau Haram ?

Sebelum membahas lebih jauh tentang hukum trading Bitcoin, ada bisa membaca postingan saya sebelumnya tentang penjelasan senderhana tentang apa itu Bitcoin di https://muhzain00.blogspot.co.id/2017/10/penjelasan-sederhana-tentang-apa-itu.html

Disini saya bukan mencari perdebatan,  setelah membaca postingan saya berikut, silahkan anda  menyimpulkan sendiri apakah haram atau halalkah trading bitcoin tersebut.

Saya bukan ahli agama, saya memeluk salah satu agama yang berlaku di Indonesia. Dan saya juga ikut trading Bitcoin di market Indonesia yaitu Bitcoin.co.id  

Ok, mari kita mulai

Poin Pertama

Trading dalam istilah bahasa Inggris adalah Perdagangan
Jadi Trading Bitcoin adalah perdagangan Bitcoin. Atau jual dan membeli Bitcoin dengan Rupiah (untuk di negara luar menggunakan mata uang negara tersebut). 

Dan kita mencari perbedaan harga untuk mendapat keuntungan, jadi kita harus menjual Bitcoin di atas harga beli (sama dengan prinsip perdagangan di dunia nyata)
# Silahkan menyimpulkan sendiri

Poin Kedua

Bitcoin kan tidak  berwujud ? Apakah boleh kita menjual belikan sesuatu yang tidak berwujud ???

Jawab :
Apakah anda membeli pulsa handphone, apakah berwujud pulsa anda.
Apakah anda pernah melihat bentuk pulsa ??? ngak.. anda hanya melihat saldo pulsa anda di HP kalian.
Begitulah Bitcoin, walau tidak berwujud, Bitcoin akan terlihat saldo di akun anda
# Silahkan menyimpulkan sendiri

Poin Ketiga

Pulsa kan berguna untuk menelpon dan lain-lain ???

Jawab :
Bitcoin juga berguna, selain digunakan untuk trading, Bitcoin juga digunakan untuk pembelian pulsa dll, banyak situs yang melakukan pembayaran barang menggunakan Bitcoin, dan bahkan di negara luar Bitcoin sudah bisa digunakan pembayaran Toko, mini market dan bahkan pembayaran Pesawat Terbang.
# Silahkan menyimpulkan sendiri

Poin Keempat
Bitcoinkan harganya Fluktuatif, kadang dalam 10 menit naik atau turun jutaan rupiah. Kalau kita, katakanlah membeli Bitcoin di harga 1 juta, kemudian 5 menit naik 4 juta, dan kita jual Bitcoin tersebut, kita mendapat laba atau keuntungan yang besar  dalam waktu 5 menit. Apakah itu diperbolehkan dalam agama ????

Jawab :
Di agama saya, tidak dilarang mencari keuntungan besar dalam perdagangan, yang terpenting tidak berbohong. Apakah dalam menjual Bitcoin di market Bitcoin.co.id  kita  berbohong ??? bertatapan langsung dengan orangnya tidak kok, kenal ya juga tidak, apalagi bicara ??? 

Yang kita tahu cuma kita pasang harga jual, dan Bitcoin ada yang membeli. Dan  saldo  kita di Market berubah jadi rupiah, karena Bitcoin kita dibeli orang alias laku.
# Silahkan menyimpulkan sendiri


Dari postingan di atas silahkan menyimpulkan sendiri Apakah Trading Bitcoin itu halal atau haram, ingat saya hanya disini menulis bukan sebagai ahli agama, tetapi disini hanya menulis dengan pandangan  logika. Semoga bermanfaat.
Share:

Contact Form

Name

Email *

Message *