Keuntungan dan Kerugian Mining dan Cloud Mining Bitcoin

Mungkin ada yang masih bingung tentang istilah mining dan cloud mining ??? dan apa perbedaannya. 

Berikut sedikit hal yang saya ketahui tentang mining dan cloud mining, kalau kurang tepat mohon di beri saran dan dimaafkan (he.he.he karena saya juga sedang belajar). 

Kedua hal tersebut sebenarnya memiliki tujuan sama, yaitu suatu proses mendaptakan coyn cripto (bitcoin, dogecoin, litecoin, etherium, dashcoin, dll) dengan cara menambang/mining. 

Yang membedakannya adalah : 

Mining adalah suatu proses mencari / menambang bitcoin dengan menggunakan sebuah perangkat. dan Cloud Mining adalah suatu proses mencari / menambang bitcoin dengan bantuan situs web/atau awan (cloud). 

Semua cara tersebut ada kekurangan dan kelebihan masing-masing : 

Keuntungan Cloud Mining :
 
- Biaya tergantung 

Karena suatu situs yang menjalankan, jadi kita tinggal berdeposit. Semakin besar deposit, semakin cepat mining, dan semakin cepat pula hasil yang didapat. 
Untuk perhitungan ROI (Return On Invesment) atau modal kembali, tergantung situs yang diikuti. Ada yang menawarkan 1 bulan, 2 bulan, bahkan ada yang 2 minggu modal deposit kembali. 

- Hemat Listrik dan Kuota 

Karena situs (awan/cloud) yang menjalankan, jadi walaupun Komputer kita mati /offline, situs mining tetap akan jalan.

Kekurangan Cloud Mining :
 
- Rawan terhadap kasus penipuan/ scam. 

Karena cloud mining bersifat HYIP (High Yield Investment Program) atau Program Investasi Dengan Profit Tinggi merupakan program investasi yang tumbuh dan berkembang pesat terutama di internet. Perkembangan HYIP di internet sendiri baru dirasakan sekitar tahun 2003 – 2004 dan mulai tahun 2009 telah meraja lela dan sampai juga ada orang Indonesia yang memulai usaha ini. Banyak sekali HYIP yang saat ini dibuat dengan tujuan untuk menipu terutama bagi mereka yang belum paham tentang resiko dan bahayanya berinvestasi di HYIP.


Banyak situs cloud mining menawarkan ROI cepat kembali dan bonus/ profit yang tinggi. Akan tetapi tidak semua situs membayar. Jadi berhati-hatilah, saat berdeposit di situs cloud mining. Dan jangan tergiyur dengan keuntungan yang besar dan berdepositlah dengan nominal yang sewajarnya. Untuk mengatisipasi apabila situs tersebut scam/tidak membayar. 

Banyak situs cloud mining yang tidak membayar, tetapi ada pula situs cloud mining yang membayar dan masih bertahan 
yang masih membayar : https://xmine.org
Yang sudah scam : anda dapat melihatnya di link http://bitcoincloudmining.org/en/scam-not-paying/

Kekurangan Mining  : 

- Biaya Mahal 

Harus memiliki modal yang besar, karena harus membeli alat sendiri Untuk Pc dan alat miner yang digunakan, dan memiliki spack standart, kira-kira sekitar 7,5 juta. Untuk harga alat mining anda dapat mencari di search angine Google. 

- Boros Listrik dan Kuota 

Karena Komputer dan software yang menjalankan, jadi komputer harus hidup dan kuota harus tetap onlaine. Apabila komputer mati/offline maka proses mining akan berhenti pula. 

Keuntungan Mining : 

- Minim kasus penipuan 

Karena menggunakan alat dan PC kita sendiri maka hasil yang didapat dengan sendirinya tersimpan di pool (tempat kita menambang)

Semoga sedikit dapat menambah pengetahuan anda tentang mining dan cloud mining.

Apabila ada sesuatu hal yang kurang benar dan tepat, mohon untuk dimaafkan. Ditunggu saran dan kritikannya. Karena saya juga masih belajar.
Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya. Terima Kasih
Share:

Contact Form

Name

Email *

Message *