Sistem Operasi Linux dan Pengertian Linux

Sedikit saya mau uraikan tentang apa sih itu sistem operasi Linux ?
Linux adalah sistem operasi yang berdaya tinggi dari sistem operasi Unix, yang merupakan perangkat lunak yang tak berbayar atau free (open source software). Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi-user (pengguna ganda) dan multitasking (penugasan ganda), yang dapat berjalan di berbagaiplatform, termasuk prosesor INTEL 386 dan yang lebih tinggi. Linux juga bisa berinter-operasi secara baikdengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft, dan Novell.

Nama linux sendiri berasal dari pencipta awalnya, Linus Torvalds, dari Uneversitas Helsinki, Firlandia. Linux dulunya proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds yang memperoleh inspirasi dari Minix. Minix adalah sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andy Tanenbaum. Linux 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu 0.02 yang hanya dapat menjalankan BASH (GNU Bourne Again Shell) dan GCC (GNUC Compiler). Sekarang Linux adalah sistem UNIX yang lengkap, bisa digunakan untuk jaringan (networking), pengembangan software, dan bahkan untuk sehari-hari.

Dengan kemampuan yang setara bahkan lebih, Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial. Kelompok pengembang yang tersebar di seluruh dunia yang telah bekerja dan menjadikan Linux portabel ke suatu platform baru dan mendukung komunitas pengguna dengan beragam kebutuhan. Satu hal yang membedakan Linux dengan sistem operasi lainnya adalah dapat diperoleh secara gratis alias free. Berarti dapat diperbanyak dan distribusikan kembali tanpa harus membayar fee atau royalti kepada seseorang. Source code Linux tersedia bagi setiap orang. Kebebasan ini memungkinkan siapa saja untuk melihat kedalam satu sistem operasi yang nyata dan berkualitas komersial. Karena Linux tersedia secara bebas di internet, berbagai vendor telah membuat paket distribusi, yang dapat dianggap sebagai berbagai versi keemasan Linux. 

Perkembang Linux berawal dari internet, karena itu Linux dikembangkan oleh kelompong seseorang yang memiliki berbagai tingkat pengetahuan dan pengalaman serta berasal dari lokasi geografis yang berbeda-beda. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cara cepat dan efesien, terhadap beragam perangkat bantu untuk mengaskses Linux sejak awal perkembangannya. Linux populer di gunakan di lingkungan pemerintahaan (khususnya di Amerika Serikat) dan kalangan industri. Mungkin memilih menggunakan Linux terutama disebabkan pertimbangan harga (ngirit,,wkwkwkw). Tetapi kemudian Linux menunjukan penetrasinya di bidang yang lainnya pula, yaitu web server dan juga populer digunakan dalam sistem embedded (komputer melekat) dan aplikasi turnkey (siap pakai) seperti Firewall Interwal, router, Point of Sale (POS).

Salah satu kunci keunggulan Linux adalah komunitas penggunanya yang memenangkan Info World’s Award for Best Support tahun 1997 mengungguli semua penyedia jasa dukungan teknis komersial Red Hat Linux juga memperoleh penghargaan Product of the Year. Karena komunitas pengguna Linux meliputi juga komunitas pengembangnya, maka berbagai pertanyaan yang ditanyakan pengguna di newsgroup atau melalui mailing list dapat ditanggapi dengan cepat, kisarannya hanya dalam waktu setengah jam atau paling lama satu hari. 

Mungkin bagi para pembaca blog saya yang masih penasaran dengan sistem operasi Linux bisa langsung googling ke websaite resmi Linux di https://www.linux.com/. Sedikit yang dapat saya ulas tentang sistem operasi Linux, semoga dapat menambah pengetahuan anda, apabila ada yang lebih paham silahkan berbagi pengetahuan tentang Linux dengan meninggalkan komentarnya di sini. Sampai ketemu lagi di posting-posting saya berikutnya, salam muhzain.


Baca Postingan Yang berhubungan : 

Share:

Contact Form

Name

Email *

Message *